Berita

Negara Ini Legalkan Bitcoin dan Cryptocurrency

Negara Ini Legalkan Bitcoin dan Cryptocurrency

Negara ini telah secara resmi melegalkan Bitcoin dan cryptocurrency lainnya. RUU yang sebenarnya telah disahkan sejak empat bulan lalu itu kini ditandatangani menjadi undang-undang.

Dilansir dari laman tweaktown.com, negara yang dimaksud adalah Ukraina. Negara di benua Eropa ini telah secara resmi meloloskan undang-undang yang menganggap Bitcoin dan cryptocurrency lainnya legal.

Hal itu dilakukan sebagai langkah untuk menjadikan investasi di negeri itu sebagai sesuatu yang menarik dan transparan.

RUU itu awalnya disahkan oleh pemerintah pada September 2021 tetapi dikirim kembali oleh parlemen karena Presiden Ukraina Volodymyr, meminta agar beberapa perubahan dilakukan.

Empat bulan kemudian, RUU tersebut telah secara resmi ditandatangani menjadi undang-undang dan sekarang merupakan langkah besar bagi negara itu untuk menciptakan perlindungan bagi pemilik aset digital, bursa, dan individu melalui regulasi.

Pemerintah Ukraina sekarang mengharapkan tindakan jahat, seperti penipuan, pencucian uang, dan tindakan ilegal lainnya di industri cryptocurrency, akan berkurang secara dramatis dengan legalisasi Bitcoin dan koin kripto lainnya.

Selain itu, legalisasi diharapkan akan membawa inovasi di seluruh bidang terkait, sehingga akan lebih menanamkan kepercayaan pada mereka yang tertarik untuk mengeksplorasi teknologi yang muncul.

“Ini adalah pengembangan industri baru dimana kita dapat menarik investor sekaligus memperkuat citra negara kita sebagai negara berteknologi tinggi,” terang Mykhailo Fedorov, Wakil Perdana Menteri Ukraina.

Langkah positif ini, menurutnya, juga merupakan usaha untuk melindungi pemilik aset digital, bursa dan pemangku kepentingan lainnya.

“Yang paling utama adalah dimasukkannya istilah dompet digital, kunci pribadi, dan aset virtual dalam undang-undang Ukraina untuk pertama kalinya”, tambahnya.

Meski demikian, Fedorov menyadari bahwa akan selalu ada kelompok yang memprotes pengenalan regulasi ke kripto.

“Tapi secara keseluruhan ini merupakan perkembangan yang menjanjikan bagi industri dan kita harus mendorong lebih banyak transparansi dan kepercayaan bagi mereka yang beroperasi di Ukraina. Selain itu, dengan adanya UU ini diharapkan penipuan akan berkurang”, jelasnya.

Ia pun berharap dengan adanya UU tersebut, operasi penambangan rahasia, skema penolakan pajak, dan aktivitas crypto “bayangan” lainnya akan berkurang, seiring dengan melonjaknya inovasi dan investasi asing yang mengalir ke negara tersebut.

Baca juga Spotify Akuisisi Dua Perusahaan Lagi untuk Jadi Raksasa Podcasting

Leave a Reply

Your email address will not be published.