6 Hard Disk Internal Terbaik Versi Teknovidia

teknovidia.comHard Disk Internal Terbaik – Hard disk internal atau biasa disebut HDD 3,5 inci masih sering dipakai sebagai komponen yang vital diperangkat PC. Salah satu penyebab HDD sering di pakai karena harganya yang murah dan hardware kuat. SSD mulai sering digunakan untuk pengiriman data cepat.

Tapi kamu tentu butuh kapasitas yang memadai untuk simpan data, terutama video, musik, foto, game, film, serta data kerja. Itulah mengapa HDD 3.5 masih basic, dikarenakan mampu tampung tidak sedikit data serta tetap bisa jalankan kecepatan transfer yang berkemampuan tinggi meski berada dibawah level SSD.

Ada berbagai 3.5 HDD untuk dipilih untuk lengkapi PC. Lihat saran dari kami untuk hard disk internal yang terbagus untuk PC ini agar tidak salah membeli.

Hard Disk Internal Terbaik

1. Seagate BarraCuda 3.5

Hard Disk Internal Terbaik

Seagate BarraCuda 3.5 adalah satu dari beberapa produk paling biasa dipasaran. Harga juga beragam serta tergantung kapasitas. Untuk PC, kami menyarankan untuk memilih HDD Seagate BarraCuda dengan kapasitas 1-3 TB. Kalau kamu mencari kapasitas besar, bersiaplah dengan lebih banyak uang, karena ukuran di atas 3TB dipastikan lebih mahal.

Di situs resminya, HDD besutan Seagate ini mempunyai cache yang beragam mulai 64MB sampai 256MB tergantung level dan kelasnya. Nah, di pasar online, harga HDD Seagate BarraCuda 3.5 memiliki kapasitas 1TB adalah Rp 680-800.000. Jadi untuk penggunaan sehari-hari, HDD ini lumayan baik dari segi performa.

2. Seagate IronWolf

Hard Disk Internal Terbaik

Dari segi kapasitas 4TB, Seagate IronWolf Pro dibanderol dengan harga kurang lebih Rp 2 juta. Faktanya, HDD 3.5 ini dibuat untuk penuhi keperluan PC yang kerja hampir 24 jam sehari, di toko, kantor, dan PC yang hampir nonstop. Itulah sebabnya HDD disebut NAS HDD atau hard disk yang dukung penyimpanan yang terpasang ke jaringan.

Tapi HDD ini dapat dipakai oleh pengguna PC setiap hari, seperti simpan data atau bermain game. Karena diklaim sangat tahan lama serta mampu berjalan lama, HDD ini masih di 5400 RPM. Untuk simpan data dan akses bersamaan, HDD ini rekomended sekali. Tapi, untuk game, kecepatan memuatnya sedikit lebih tinggi dari HDD 7200RPM.

3. Toshiba PC P300

Hard Disk Internal Terbaik

Toshiba dikenal dengan elektronik berkualitas tinggi. Secara umum, perusahaan Jepang ini sering membuat HDD eksternal dan media penyimpanan 2.5HDD untuk laptop. Namun, mereka juga menghasilkan 3,5 hard disk untuk PC dengan kualitas yang baik.

Di beberapa toko online, Toshiba PC P300 1TB dibanderol dengan harga Rp. 6 juta. Tentu saja, semakin besar kapasitasnya, semakin tinggi harganya. Nah, HDD merah yang dirilis di situs resminya ini juga dilengkapi dengan spesifikasi HDD 3.5 seperti kecepatan 7200RPM dan ukuran cache 64MB.

4. WD Caviar Blue

Hard Disk Internal Terbaik

WD Caviar Blue atau WD Blue adalah perangkat penyimpanan yang diproduksi oleh Western Digital dan telah lama bersaing dengan Seagate. Nah, dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp 600-700.000, kamu bisa memilih WD Blue dengan kapasitas minimal 1TB. Namun, jika kamu membutuhkan kapasitas lebih, WD Blue juga menawarkan kapasitas hingga 6TB.

Seperti yang kamu ketahui, HDD 3.5 Western Digital tahan lama, tahan lama, dan dapat digunakan pada suhu yang agak tinggi. Namun perlu diingat bahwa bahkan HDD terkenal seperti WD dan Seagate banyak dipalsukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sebelum membeli, lakukan riset, perhatikan garansi resmi, dan beli produk dari toko resmi dan terpercaya.

5. WD Black

Western Digital juga merilis produk bernama WD Black. Umumnya, HDD tipe ini lebih pas untuk simpanĀ  instalasi game digital. Karena untuk kapasitas di atas 2TB, ruang cache yang tersedia lumayan besar yaitu 256MB.

Jika kamu sering menginstal dan meinkan game diPC, WD Black 4TB adalah salah satu opsi yang paling terjangkau. Harganya sekitar Rp. 2.800.000 dan dilengkapi dengan garansi terbatas 5 tahun. Mengapa pilih HDD gaming dengan kapasitas tinggi? Ini dikarenakan ukuran file game dimasa sekarang besar sekali, mulai dari 30 hingga 150 GB per gamenya.

6. WD Purple

Mengapa penulis menyertakan HDD WD Purple yang sama dengan penyimpanan CCTV? Jawaban dari itu terletak pada daya tahan. Serupa dengan HDD NAS Seagate IronWolf, media penyimpanan dari Western Digital ini dapat sipakai untuk PC lawas untuk simpan data, video, film, musik, dan file game.

Kecepatan HDD WD ungu ini adalah 5400 RPM, yang dianggap tidak ideal jika kamu wajib tunggu waktu pemuatan game di PC. Tapi jika kamu dapat mentolerir kecepatan loading yang tidak terlalu cepat, WD Purple 4TB Rp 1,4 juta bisa menjadi pilihan utama kamu.

HDD 3,5 inci untuk PC masih banyak diminati. Dapat dibilang cukup awet untuk dipakai dalam waktu yang lama serta harga yang murah dan kapasitas yang besar.


Sekian pembahasan kami mengenai Hard Disk Internal Terbaik yang bisa menjadi referansi kamu jika ingin membeli perangkat Hard Disk.Semoga bermanfaat dan terima kasih!

Leave a Comment