Cara Membuat Subtitle Di Youtube Milik Sendiri Dan Orang Lain

teknovidia.comCara Membuat Subtitle Di Youtube , YouTube suatu platform video terbesar di dunia, bro! Di sini, kamu bisa nonton, unggah, dan share video sama jutaan orang lainnya. Nah, di YouTube ada fitur keren namanya subtitle, yang isinya teks yang nunjukin apa yang diomongin atau terjadi di video. Subtitle ini bermanfaat banget, loh! Bisa bantu kamu ngertiin video yang pake bahasa asing atau yang audionya agak kurang jelas. Selain itu, subtitle juga bisa bikin video kamu jadi lebih accessible buat penonton yang mungkin punya gangguan pendengaran atau tunarungu. Keren, kan? Jadi, kamu bisa bikin konten kamu makin nyambung sama banyak orang dengan bantuan subtitle!

Langkah Dan Cara Membuat Subtitle Di Youtube

cara membuat subtitle di youtube

Cara nambahin subtitle di video YouTube tuh bisa banget, geng! Mulai dari video punya kamu sendiri sampe video orang lain. Di artikel ini, kita bakal bahas langkah-langkahnya biar kamu bisa bikin subtitle di YouTube dengan simpel dan cepet.

Menggunakan Alat Subtitle YouTube pada Video Milik Sendiri

Kalau kamu pengen nambahin subtitle ke video yang kamu upload di YouTube, kamu bisa banget pake alat subtitle yang udah disiapin sama YouTube sendiri, geng! Alat ini ngasih kamu opsi buat bikin subtitle secara manual, nge-upload file subtitle yang udah ada, atau bahkan pake sinkronisasi otomatis yang dibuat langsung sama YouTube.
Berikut adalah cara untuk menggunakan alat subtitle YouTube pada video milik kamu sendiri:

  • Masuk ke akun YouTube kamu dan buka YouTube Studio.
  • Dari menu kiri, pilih Subtitle.
  • Klik video yang ingin kamu edit.
  • Klik TAMBAHKAN BAHASA lalu pilih bahasa yang kamu gunakan dalam video.
  • Di bagian subtitle, klik TAMBAHKAN dan pilih salah satu opsi berikut:

Upload file:

Kalau kamu udah punya file subtitle yang isinya tulisan sama waktu dari videomu, bisa banget diunggah ke YouTube, Bro! Pastiin aja file-nya dalam format yang didukung YouTube, kayak .srt, .sbv, .vtt, gitu deh. Cek aja di sini buat liat format file subtitle yang bisa dipakai.

Sinkronisasi otomatis:

Kakamu kamu udah punya tulisan transkrip dari videomu, tinggal masukin aja ke YouTube, ntar YouTube otomatis nyocokin tulisannya sama videonya. Pastiin aja bahasanya sama kayak videonya dan kena teknologi deteksi suara di YouTube. Cek di sini buat liat bahasa yang bisa dipake.

Ketik manual:

Kamu bisa banget ngetik subtitle manual sambil nonton videonya. Tinggal ketik aja di kotak yang udah disiapin. Trus, bisa tambahin tulisan keren kayak [musik] atau [tertawa] buat nunjukin apa yang lagi terjadi di videonya. Biar gampang, pake shortcut keyboard, misalnya Windows/Command + panah kiri buat mundurin 1 detik, atau Windows/Command + spasi buat pause atau mainin videonya. Easy peasy, deh!

Setelah kamu selesai membuat subtitle, klik PUBLIKASIKAN untuk menyimpan dan menampilkan subtitle pada video kamu.

Menambahkan Subtitle pada Video Orang Lain

Jika kamu ingin menambahkan subtitle pada video milik orang lain, kamu harus memeriksa terlebih dahulu apakah pemilik video mengizinkan kontribusi subtitle dari penonton.

Jika ya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menambahkan subtitle pada video orang lain:

Buka videonya yang mau lu tambahin subtitle, klik ikon setelan yang kek roda gigi di pojok kanan bawah layar.

Pilih Subtitle/CC, trus klik Add Subtitle/CC.

Pilih bahasa buat subtitlenya, klik Mulai.

Nanti lu bakal masuk ke layar buat nambahin subtitle, kayak di YouTube gitu. Bisa ngeluarin file subtitle, pake sinkronisasi otomatis, atau ketik sendiri, sesuai yang tadi dijelasin.

Setelah selesai bikin subtitle, klik Kirim kontribusi buat ngirim subtitle lu ke pemilik video. Pemiliknya bakal liat dan nyetujui subtitle lu sebelum dipasangin di videonya.

Kesimpulan

Subtitle adalah fitur yang berguna di YouTube yang dapat membantu kamu menonton dan berbagi video dengan lebih mudah. kamu dapat menambahkan subtitle pada video milik kamu sendiri atau milik orang lain dengan menggunakan alat subtitle yang disediakan oleh YouTube atau mengunggah file subtitle yang sudah ada.

Kamu juga dapat menggunakan sinkronisasi otomatis atau mengetik manual untuk membuat subtitle sesuai dengan video. Dengan menambahkan subtitle, kamu dapat meningkatkan kualitas dan aksesibilitas video kamu bagi penonton dari berbagai latar belakang dan kebutuhan. Selamat mencoba!

Baca Juga : Cara Membuat Subtitle Di TikTok

FAQ Tentang Cara Membuat Subtitle Di YoutubeĀ 

Apa itu subtitle?

Subtitle tuh tulisan yang muncul di video, nunjukin apa yang diomongin atau yang lagi terjadi. Kadang-kadang berguna buat ngertiin video yang bahasanya aneh, atau kalo suaranya jelek.

Gimana cara nambahin subtitle di video sendiri?

Buat nambahin subtitle di video sendiri, gunain fitur subtitle di YouTube. Lu bisa bikin subtitle sendiri, ngunggah file subtitle yang udah ada, atau pake sync otomatis dari YouTube.

Bagimana Cara nambahin subtitle di video orang lain ?

Kalo pemilik videonya izin kontribusi subtitle dari penonton, lu bisa nambahin subtitle di video mereka. Caranya sama kayak nambahin subtitle di video sendiri, tapi lu harus kirim subtitle lu ke pemilik videonya buat ditinjau dan disetujui.

Format file subtitle yang disupport YouTube apa aja?

YouTube ngedukung berbagai format file subtitle, kayak .srt, .sbv, .vtt, gitu deh. Cek aja list format file subtitle yang didukung [di sini].

Ada apa untungnya nambahin subtitle di video YouTube?

Nambahin subtitle bisa bikin video lu lebih bagus dan bisa diakses sama banyak orang. Buat yang susah denger atau tuli, atau yang lagi belajar bahasa baru, subtitle tuh bermanfaat banget. Selain itu, bisa nge-boost rating dan jangkauan video lu di mesin pencari.

Leave a Comment