Review ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3401, Simak Sebelum Beli

teknovidia.comReview ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3401 – ASUS sering sekai melaunching laptop dengan monitor OLED akhir-akhir ini, terhitung seri Vivobook. Satu diantaranya laptop yang memikat ialah ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3401 yang memercayakan monitor OLED serta pengolah grafis NVIDIA GeForce RTX 3050.

Perangkat ini tawarkan opsi port yang komplet dan mengangkat prosesor AMD Ryzen 5000 seri yang punya tenaga yang lumayan baik. Semuanya hidupkan Vivobook Pro 14 OLED secara cepat.

Bila Anda cari laptop oke dengan tanpa keluarkan uang dengna jumlah banyak, Vivobook Pro 14 OLED M3401 jadi opsi yang memikat.

Review ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3401

Review ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3401

1. Rancangan dan Desain

Vivobook Pro 14 OLED datang dengan design yang simpel tetapi tetap enak dipandang dengan dimensi standard laptop 14 inch dan berat optimal 1,45 kg. Mayoritas body laptop memakai material polycarbonate hingga berasa kuat, serta beberapa bagian yang terlihat memakai material aluminium.

Semua body laptop ini dilapis dengan 1 warna yang bisa diputuskan, yaitu silver dan dark blue yang kami pakai pada review ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3401 ini kali. Bagusnya, warna biru tua ini bisa tampak terlihat abu-abu sedikit gelap pada penerangan tertentu.

Ada dua port USB 2.0 Type-A di ke-2 segi laptop, USB 3.2 Gen 1 Type-A, USB 3.2 Gen 1 Type-C, HDMI 1.4, dan jack audio untuk pembaca kartu MicroSD. Jumlah portnya lumayan komplet, tetapi entahlah mengapa ASUS masih memakai dua USB 2.0 yang semakin lebih lamban dari angkatan terkini.

Disebelah keyboard, Vivobook Pro 14 OLED tawarkan knop dengan ukurannya yang prima dan operan balik ke jemari Anda untuk menulis setiap hari. Knop ini dapat menjadi backlit.

Menariknya, knop power di keyboard laptop ini merangkap sebagai pemindai sidik jemari yang dapat Anda pakai untuk login secara cepat. Karena ini, Anda bisa menghidupkan laptop dan secara langsung masuk ke dalam account Windows 11 Anda cukup dengan tekan satu knop.

Bersama dengan keyboard, ada touchpad dengan tempat yang luas dan sentuhan halus. Jari-jari saya berasa sejuk waktu berseluncur di atas touchpad dan mempunyai akurat yang lumayan baik.

2. Layar

Review ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3401 seterusnya yakni sisi monitornya. Sama dengan nama yang diberikan, Vivobook Pro 14 OLED tampilkan monitor OLED sebesar 14 inch beresolusi 2880 x 1800 piksel, kecepatan refresh 90Hz, kecemerlangan optimal 600 nits, 100% DCI-P3 serta bersertifikasi PANTONE.

Seperti monitor OLED, perangkat ini kelihatan ceria serta sanggup hasilkan warna yang eye-popping. Diperlengkapi dengan faktor rasio 16:10, monitor berasa luas, khususnya waktu mengubah document.

Kecemerlangan monitornya aja lumayan untuk pemakaian setiap hari baik dalam atau diluar ruang. Kami menulis di luar ruang di siang hari dan penampilan di monitor laptop ini tetap kelihatan terang.

3. Fitur yang terpasang

Diatas monitor OLED laptop ini ada webcam yang sanggup record video beresolusi 720p. Merekam video dengan hasil yang biasa saja, tetapi bila menginginkan untuk dipakai untuk bertemu muka lewat virtual, ini cukup baik.

Menariknya, ada penutup privacy yang fisik tutup webcam ini, yang jadi keuntungan untuk mereka yang memerhatikan privacy.

Vivobook Pro 14 OLED mempunyai mikrofon plus penambahan feature unik ASUS, seperti pengurangan suara memakai tehnologi AI. Terdapat banyak komposisi kedap suara yang dapat diputuskan bergantung pada keperluan Anda.

Saat dipakai dalam model optimasi akseptasi standar, feature ini cukup sukses menahan keributan sekitaran hingga tidak mengusik saat Anda sedang melangsungkan meeting virtual.

Untuk speaker, volumenya cukup buat laptop dan volumenya lumayan tinggi. ASUS menambah peranan AI noise cancelling pada speaker ini supaya suara yang dikeluarkan lebih konsentrasi pada suara manusia.

4. Performanya

Laptop ini datang bersama opsi processor: AMD Ryzen 5 5600H yang kami pakai dalam review ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3401 ini kali, maupun Ryzen 7 5800H dapur picunya. Ini ditambahkan processor grafis NVIDIA GeForce RTX 3050 serta RAM DDR4 8GB.

Apa Anda sedang menelusuri di Krom dengan beberapa tab atau buka beragam aplikasi Microsoft Office, performa untuk kerja setiap hari berasa sangat mulus dan tidak ada masalah bermakna.

Ingat kehadiran pengolah grafis diskrit, tidaklah heran bila laptop ini dapat jalankan game contohnya Genshin Impact secara lancar. Memainkan game ini pada resolusi 2880 x 1800 pixel pada seting grafis media, hasilnya mulus dengan FPS di range 40-60.

Sesudah mainkan Genshin Impact lebih satu jam, segi kiri laptop berasa cukup panas, tetapi untungnya tidak begitu mengusik.

Untuk menyaksikan lebih dekat perform laptop ini, kami mengetesnya memakai 3DMark Time Spy dan capai 4.148 point dengan score grafis 4.099 dan score CPU 4.452. Test lain memakai aplikasi Cinebench R23 cetak 1.269 point untuk singgel-core dan 4.835 point untuk multi-core.

Vivobook Pro 14 OLED memakai SSD 512GB M.2 NVMe PCIe 3.0 untuk menulis dan membaca secara cepat dalam kelasnya. Pada umumnya, menurut kami kemampuan yang disiapkan telah lebih dari cukup buat pemakaian setiap hari, terkecuali Anda banyak memiliki instalasi games yang memerlukan banyak ruangan penyimpanan.

5. Baterai

Review ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3401 yanng paling akhir yakni sisi battery. Untuk sumber daya, Vivobook Pro 12 OLED mempunyai battery memiliki 63 WHr. Untuk mode kerja setiap hari yang semakin lebih mengutamakan aplikasi Microsoft Office dan searching, umumnya laptop ini dapat saya lakukan sekitaran 4 jam dari battery penuh sampai tingkat 10%.

Saat gunakan battery lumayan bagus, ingat saya memakai resolusi dan kecepatan refresh paling tinggi saat bekerja. Sudah pasti, saat gunakan battery kemungkinan lebih efektif bila Anda memakai penataan monitor yang semakin lebih rendah.

Saat saya menguji battery laptop ini pada resolusi 1920×1200, refresh rate 90 Hz, keyboard backlight tidak diaktifkan, dan kecemerlangan monitor 50%, saya mendapatkan score 5 jam 8 menit. Pengetesan yang serupa, tapi pada kecepatan refresh 60Hz, hasilnya ialah 5 jam 43 menit.

Untuk isi batterynya sendiri masih memakai port khusus yang memerlukan waktu sekitaran 2 jam 20 menit untuk isi battery dari 10% sampai 100%.

Kesimpulan

ASUS Vivobook Pro 14 OLED ialah laptop yang prima untuk tugas setiap hari dan bermain games sekalian santai. Harga cukup logis ingat apakah yang dijajakan.

Monitor OLED yang hendak dikenalkan ini kali diharap jadi nilai plus untuk mereka yang hargai kualitas penampilan monitor karena sanggup tampilkan content dengan warna yang semakin lebih kaya dari laptop biasa.

Yang menyebalkan ialah tidak ada variasi RAM yang semakin lebih besar untuk mengoptimalkan perform laptop ini, khususnya untuk multitasking. Disamping itu, entahlah mengapa ASUS masih memakai dua USB 2.0 yang notabene lebih lamban dari versus terkini.


Sekian penjelasan lengkap tentang Review ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3401 di berbagai aspek. Menurut kalian gimana dengan laptop yang satu ini?. Semoga artikel diatas bermanfaat dan terima kasih….

Leave a Comment