6 Tips Memilih Speaker Bluetooth yang Baik dan Benar

teknovidia.comTips Memilih Speaker Bluetooth – Apa saja sih yang harus diperhatikan ketika hendak membeli speaker bluetooth? Tentunya agar dapat memenuhi keperluan kamu dan emperoleh produk yang berkualitas. Apalagi brand-brand yang ternama banyak sekali mengeluarkan speaker bluetooth yang bagus-bagus, terus harus pilih yang mana?

Nah, dibawah ini kami akan menyampaikan tips untuk memilih speaker bluetooth yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Yuk simak sampai habis!

Tips Memilih Speaker Bluetooth

Tips Memilih Speaker Bluetooth

1. kualitas audio

Hal pertama yang harus diperhatikan ialah kualitas suara yang dihasilkan. Suara bisa dinilai berdasarkan tingkat kejernihan, kekuatan bass, dan level volumenya. Dan juga keawetan speaker menentukan kualitas audio, suara speaker pecah atau tidak, dan kejernihannya menurun atau tidak ketika dipakai lama.

Kemudian dari segi tipe, jika menginginkan dengarkan audio seperti live music, pilihlah speaker bluetooth yang stereo. Speaker tipe dan jenis ini akan hasilkan suara yang lebih jernih dan detail. Di sisi lain, jika Anda ingin audio yang tak terlalu keras, tetapi lebih ramping, gunakan speaker Bluetooth mono.

2. Ketahanan baterai

Tip berikutnya dalam memilim speaker bluetooth ialah memilih speaker yang memiliki baterai taham lama. Dalam satu siklus pengisian daya, speaker bisa tahan dalam waktu yang cukup lama, umumnya 5 sampai 10 jam. Akan tetapi, beberapa speaker Bluetooth memberikan penawaran saya tahan baterai yang lebih lama lagi. Perkiraan masa pakai baterai terdapat di spesifikasi setiap speaker.

3. Outdoor serta tahan air

Untuk menaikkan keamanan speaker saat terkena air yang tumpah atau saat dipakai di outdoor, ada baiknya pilihlah speaker Bluetooth yang bisa tahan terhadap air. Harap perhatikan spesifikasi untuk memeriksa apakah speaker tersebut tahan terhadap air atau tidak. Terdapat label tahan air tahan air IPX4.

Kalau kamu ingin tingkat aman  yang lebih baik lagi, Anda bisa memilih speaker dengan rating IPX7 yang tahan terhadap air serta tangguh. Jadi Anda tidak harus khawatir yang berlebih ketika speaker terjatuh dan akan rusak.

4. Teknologi speaker terbaru

Perhatikanlah juga fitur speaker lainnya, cpntohnya FM, AUX, NFC, versi Bluetooth, serta kemampuan input (USB, SD, microSD). Mempunyai fitur ini di speaker Anda akan membuat segalanya lebih mudah di kemudian hari.

Misalnya, speaker versi Bluetooth 5.0 akan tampil lebih optimal dalam hal jangkauan dan kecepatan. Kecepatan Bluetooth 5.0~2Mbps, dan memiliki jarak kurang lebih 120m. Akan tetapi, kebanyakan speaker Bluetooth yang sekarang ada dipasaran masih menggunakan Bluetooth yang versi 4 dengan tingkat kinerja 1Mbps serta jangkauan sekitar 10-30m.

Fitur lain yang juga sangat vital ialah kemampuan input seperti USB, SD, microSD dan AUX. Masing-masing mempunyai kemampuan untuk memainkan audio atau musik tertentu dengan tidak perlu terhubung ke komputer atau ponsel. AUX, di sisi lain, dimaksudkan supaya speaker bisa tersambung dengan elektronik lain yang tak punya konektivitas Bluetooth, seperti TV lama.

5. Ori atau KW

Berhati-hatilah dengan orisinalitas. Disarankan untuk memilih produk asli demi memperoleh pengalaman setrta kualitas yang akan membuat kamu puas. Sekarang ini sudah banyak sekali brand baru maupun lokal yang memproduksi speaker Bluetooth yang memiliki kualitas tinggi, seperti Vyatta, Grotic, Kimiso atau Eggel. Harga yang ditawarkan juga lebih murah.

Jika Anda melihat loudspeaker baru kurang dari 100.000, Anda harus memeriksa ulang apakah itu asli atau KW. Produk KW tidak memiliki kualitas suara yang jernih dan sering pecah atau berderit saat digunakan dalam waktu lama.

6. Sesuaikan dengan anggaran

Anggaran juga menjadi hal yang wajib untuk dipertimbangkan. Cukup banyak speaker Bluetooth sekarang ini yang tampil dengan model terbaru dan kualitas biasa-biasa saja. Contohnya, speaker Bluetooth Harman Kardon. Rancangan modern serta suaranya jernih. Namun sayang, kualitas itu sangat sesuai dengan harga yang disematkan dan berada sekitar Rp4 juta.

Jika Anda dalam posisi ini, taruhan terbaik Anda ialah sesuaikan pilihan produk agar sesuai dengan anggaran Anda. Kami setelah itu membandingkan setiap produk dengan harga yang tak jauh berbeda, termasuk dengan desain, kualitas suaranya, dimensi, fitur, dan ketahanan baterai.


Berikut adalah 6 Tips Memilih Speaker Bluetooth untuk memastikan kamu memiliki pilihan yang cocok dan membuat puas. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat untuk kamu yang membaca. Terima kasih!

Leave a Comment